Wednesday 28 November 2007

Breakthrough


Sekarang ini istilah 'breakhtrough' sering kita dengar di acara seminar motivasi atau bisnis, tapi kita sediri gak tahu apa sih maksudnya, apa sih pengertiannya. Nah ini ada artikel menarik yang bisa menggambarkan istilah yang lagi populer itu. Selamat membaca.

Istilah lain dari 'breakthrough' adalah 'terobosan' atau 'lompatan kuantum'.Kriterianya bagaimana? Ya, nilai sendiri saja lah.

Menurut Jay Abraham: " Breakthrough adalah sebuah cara yang baru, tidak konvensional, hebat, menarik dalam melakukan sesuatu. Breakthrough secara dramatis memperbaiki hal-hal yang terkait secara luar biasa, efisien, efektif dan produtif dan menginspirasi bagi orang lain".
Breakthrough dalam pemasaran artinya berhasil meningkatkan penjualan dua atau tiga kali lipat.

Breakthrough di bidang manajemen sumber daya manusia berarti meningkatkan produktivitas dengan lebih sedikit tenaga yang terlibat.Breakthrough dalam bisnis secara keseluruhan berarti mengubah aturan main bisnis secara total (dan etis, tentu saja) dan membuatnya menjadi sesuatu yang baru dan tentu saja, lebih menguntungkan.Anthony Robbins memperkenalkan istilah CANI (Constant And Never-ending Improvement), mirip Kaizen dan Total Quality Management di Jepang.Nah, kalau istilah CANI ini diubah menjadi CAN-B (dari Jay Abraham), hasilnya akan dahsyat sekali, sedahsyat kepanjangannya: Constant And Never-Ending Breakthrough.

Apakah dalam prakteknya hal ini terjadi? Silakan buktikan sendiri.Nggak usah jauh-jauh lah. Fenomena Tukul Arwana itu adalah contoh personal breakthrough. From zero to hero.Ketatnya persaingan menuntut seorang pebisnis untuk terus mencari langkah-langkah breakthrough ini di dalam bisnisnya.Kalau bukan kita, pesaing tentu akan melakukannya.Apa pun dalam kehidupan sehari-hari kita adalah hasil dari pemikiran breakthrough. Air mineral yang kita minum, teh seduh yang kita minum adalah beberapa contohnya.
Jadi, breakthrough seharusnya menjadi cara berpikir kita sehari-hari. Kalau otak kita sudah disetel dengan mindset seperti ini, insya Allah akan banyak lompatan-lompatan kuantum dalam berbisnis dan apa pun akan tercipta.Jadikan ini kebiasaan dalam berpikir dan bekerja sehari-hari.Lihatlah apa "kemungkinannya" bukan apa adanya. Dengan cara berpikir seperti ini kita akan menemukan kemungkinan-kemungkian baru, tantangan-tantangan baru, batasan baru, dan peluang baru.

Breakthrough yang paling dahsyat adalah ketika mencapai sesuatu yang menurut sebagian besar orang adalah 'tidak mungkin'.
Jadi apakah anda sudah merasakan 'Breakthrough' ..?
Sumber : Roni Yuzirman blog

No comments: